Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Penyuka Teknologi

R

Di zaman yang semakin canggih ini, kemajuan teknologi memang tidak bisa dibendung lagi. Setiap tahun, bahkan setiap bulan muncul teknologi baru dengan berbagai macam inovasi barunya. Selain itu, banyak juga pengguna dan penikmat teknologi yang selalu menantikan keluarnya produk-produk berteknologi baru. Sebenanrnya, siapa saja bisa menciptakan tekonologi apabila memiliki kemampuan yang baik. Artinya, dari segi pendidikan pun juga harus bersungguh-sungguh dan tentunya akan lebih baik apabila pendidikan yang diambil sesuai dengan minatnya. Berbicara mengenai teknologi dan pendidikan, ada peluang bagi siapa saja yang ingin memperluas pengetahuannya di bidang teknologi khususnya. Dengan menempuh pendidikan yang sesuai bagi penggemar teknologi diharapkan mampu mennigkatkan jumlah pengembang-pengembang teknologi khususnya di Indonesia. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai untuk orang yang menyukai teknologi, berikut ulasannya.

  1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan DKV mempelajari pengolahan media dalam berkomunikasi, mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa tersampaikan dan terlihat dengan baik hingga menarik. Bidang ini erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda, gambar, lambang dan simbol, penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang semua berkaitan dengan visual. Jika Anda ingin memilih jurusan ini, Anda harus dituntut kreatif dan selalu ingin mencoba hal-hal baru, karena lulusan DKV umumnya banyak yang bekerja di Industri kreatif, perfilm-an, desainer 3D, dan masih banyak lagi

  1. Mobile Application and Technology

Semakin banyaknya pengguna perangkat mobile dan dipastikan akan selalu meningkat setiap saat pastinya juga akan menyebabkan kebutuhan akan aplikasi berkualitas juga meningkat. Ketersediaan SDM yang andal dalam bidang ini pun diyakini bisa menjadi memenuhi kebutuhan tersebut. Kemudian, muncullah program studi Mobile Application and Technology (MAT), yang tujuannya adalah untuk menghasilkan sumber daya lulusan berkualitas yang ahli di bidang aplikasi mobile dan teknologi. Jika Anda lulusan jurusan ini, maka Anda bisa saja memiliki karir di bidang Mobile Apps & Tech yang sangat dibutuhkan perusahaan besar mobile industri.

  1. Industrial Robotics Design

Industrial Robotics Design (desain robot industri) adalah jurusan yang mempelajari cara membangun industri dengan sistem yang berbasis robot sebagai alat bantu produksi. Anda akan mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, dan penerapan di dunia industri. Sekarang ini, permintaan industrial automation engineer pada konsep dan penerapan sangat masih besar, bisa dibilang prospek karir yang ada akan cerah. Pastinya Anda akan dibekali teknik dan pengetahuan tentang cara merancang robot, misalnya otomasi proses pembuatan mobil, kemasan makanan dan minuman, dan sebagainya.

  1. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer adalah sebuah program studi yang identik dengan computer programming. Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem software. Sehingga, Anda akan belajar bagaimana cara agar komputer dapat melakukan beragam hal yang diinginkan penggunanya. Di jurusan Ilmu Komputer, ide-ide kreatif Anda bisa diwujudkan apalagi jika melihat dunia informasi digital yang semakin tak terbendung ini.

  1. Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara menggunakan teknologi komputer secara maksimal untuk mengatasi masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Selama kuliah, Anda akan banyak mengkaji pemrograman dan komputasi. Pastinya Anda akan dibekali dengan pengetahuan dan kehalian untuk merancang perangkat lunak.

Itu adalah sedikit rekomendasi dari banyaknya jurusan kuliah yang ada dan sesuai dengan Anda penggemar teknologi. Manfaatkan peluang Anda di zaman sekarang ini untuk mendalami bidang teknologi karena prospeknya sangat menjanjikan. Di Indonesia sendiri memang belum begitu maju seperti negara-negara di eropa atau Amerika Serikat, tetapi bukan tidak mungkin generasi-generasi Anda akan mampu mendongkrak dan dapat menciptakan teknologi yang bahkan diadaptasi oleh negara lain.

 

About the author

Add comment

By admin