Tips Mengerjakan Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Supaya Maksimal

T

Bagi kalian yang hendak masuk perguruan tinggi, tentu tak asing lagi dengan Tes Potensi Skolastik. Ya, jika kalian ingin  mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, kalian diharuskan mengikuti UTBK SBMPTN. Di seleksi tersebut kalian akan diminta mengerjakan materi-materi soal yang terdiri dari Tes Potensi Akademik atau TPA dan Tes Potensi Skolastik atau TPS. Maka dari itu, penting untuk kalian mempelajari kedua jenis tes tersebut. 

Namun ada kabar baik untuk kalian semua, sebab tahun lalu, yang diujikan pada UTBK SBMPTN hanyalah Tes Potensi Skolastik saja. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan bahwa yang akan dijadikan tolak ukur pada penilaian ujian hanyalah materi Tes Potensi Skolastik. TPS ini adalah tes yang mengukur kemampuan kalian dalam hal kognitif, lalu penalaran dan logika, serta pemahaman umum, pastinya di luar kemampuan akademik kalian. 

Lalu tes ini dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan, Pengetahuan Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif. Jika masih bingung, berikut ini akan dijelaskan tips dan trik bagi kalian yang hendak mengerjakan Tes Potensi Skolastik supaya maksimal:

Kesesuaian Pernyataan

  • tips pertama untuk kategori ini adalah dengan mengerjakan secara teliti menggunakan penalaran.
  • lihatlah kesesuaian pernyataannya, baca dengan cermat dan cepat, lakukan scanning supaya kalian tidak perlu membaca secara keseluruhan.
  • perhatikan setiap kata kunci yang ada pada pernyataan di pilihan jawaban
  • cari kalimat yang sekiranya memiliki makna sama dengan teks

Simpulan Logis

  • sama dengan kategori sebelumnya, di kategori ini yang perlu ditekankan adalah ketelitian dan penalaran
  • tak perlu membaca secara keseluruhan, namun kalian harus cermat dan teliti saat membacanya
  • pahami setiap paragraf pertanyaan yang ada pada setiap soal
  • baca kalimat pada jawaban dengan teliti, lalu sesuaikan dengan pernyataan-pernyataan yang ada pada teks

Penalaran Analitik

  • Pada soal-soal Perbandingan, biasanya akan menggunakan kata “lebih “ atau “daripada”. Maka dari itu, solusi mengerjakannya adalah dengan “digambar” atau “ditulis”. Selain itu, kalian juga dapat mengurutkan  dengan nomor mulai dari 1-6 (kalian bisa memulainya dari  nilai tertinggi sampai dengan yang terendah)
  • kalian dapat mengurutkan memakai nomor 1-6, tergantung jumlah posisinya, dan sesuaikan dengan urutan orang tersebut. Kemudian, kalian juga bisa memakai  nama inisial dari tokoh yang ada pada bacaan, hal ini dilakukan untuk mempermudah kalian menggambar posisi. 
  • kalian bisa menyimpulkan pernyataan dengan membuat poin-poin dari setiap pernyataan, mulai dari pernyataan A, pernyataan B, dan seterusnya. 
  • jika ada soal dengan kata “semua” atau “sementara”, kalian perlu ingat bahwa kata sementara, beberapa, ada, sebagian, dan mungkin semua, artinya adalah minimal satu atau tidak semuanya. Sementara semua/setiap memiliki arti seluruh anggota tanpa terkecuali. 

Nah, sudah jelas kan bagaimana cara untuk mempersiapkan Tes Potensi Skolastik? Jika kalian masih bingung, kalian bisa mencari-cari panduan atau tips yang lain, baik dalam bentuk teks atau video. Ada banyak kumpulan latihan soal UTBK SBMPTN yang bisa kalian dapatkan di internet. Jadi, tak usah khawatir ya, jika kalian mau berusaha, tentu tak ada yang tak mungkin. Pastinya juga, kalian tak boleh ketinggalan jadwal tesnya, catat baik-baik tanggal ujian kalian supaya semuanya dapat dipersiapkan dengan matang. 

About the author

By admin